ChemShow 2014 : The Amazing of Chemistry

Posted by asepmusa
Aug 29 2014
ChemShow KIK Unnes

Penyerahan Plakat Oleh Ketua Panitia

Rabu tanggal 27 Agustus 2014, Saya diminta mengisi salah satu acara rangkaian penerimaan mahasiswa baru Jurusan Kimia Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang diberi nama Chemistry Show 2014. Tema yang diberikan panitia kali ini terkait keajaiban kimia. Agak ragu saat menerima permintaan panitia mengingat basic Saya adalah Teknik Kimia, tapi akhirnya Saya pun menyanggupi juga.

Saya awali dengan menjelaskan terkait definisi ilmu kimia dan materi secara umum, lima area ilmu kimia (Kimia Organik, Kimia Anorganik, Biokimia, Kimia Analitis, Kimia Fisika),  Kimia sepagai pusat ilmu pengetahuan (central of science), Alasan kenapa kita harus mempelajari kimia hingga kepada peran Kimia dalam kehidupan.

Materi kemudian ditutup dengan kiat bagaimana menjadi mahasiswa yang excellent dan profil lulusan yang berkualitas unggul. Profil ini diambil berdasarkan survey Tempo tahun 2007 terhadap pimpinan perusahan besar yang tersebar di Indonesia. Bagi yang ingin mengunduh materi powerpointnya (pdf format) bisa diunduh di sini .

Semoga bermanfaat..

*

Trackback URL for this entry

Skip to toolbar